Dasar Penetapan
Nama Allah ﷻ yang agung ini disebutkan dalam ayat:
Katakanlah:
"Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ash Shomad (Penguasa Yang Maha Sempurna dan
bergantung kepada-Nya segala sesuatu) {QS Al Ikhlas 1-2}
Makna Ash Shomad Secara
Bahasa
Ibn Faris menjelaskan bahwa
asal kata nama ini menunjukkan dua makna, salah satunya adalah al qashdu
(tujuan). Maksudnya, orang yang dinamakan dengan ini adalah pemimpin yang
dituju (dijadikan rujukan) dalam semua urusan.. kemudian Ibn Faris menyatakan,
“Allah yang Maha Agung KemuliaanNya adalah Ash Shomad karena semua doa
dan permohonan hambaNya ditujukan kepadaNya. {Maqoyissil Lughoh 3/241}
Al Fairuz Abadi menjelaskan
bahwa termasuk makna ash Shomad secara bahasa adalah as-sayyid (pemimpin)
karena selalu dituju (dijadikan rujukan), juga berarti yang kekal dan mulia.
{Qomus Al Muhith hal 375}
Demikian juga Ibn Mandzur
menyebutkan bahwa makna ash shomad adalah yang dituju dan dijadikan
sandaran {Lisanul Arab 3/258}
Sementara Ibn Atsir
berkata, “Nama Allah ash shomad artinya as-sayyid (penguasa) yang
mencapai puncak kemahakuasaan. Ada yang berpendapat artinya yang maha kekal
abadi. Dan ada yang mengatakan artinya
adalah yang dituju (oleh semua makhluk) dalam segala kebutuhan mereka.{Nihayah
Gharibil Hadist 3/99}
Oleh karena itu, dahulu
bangsa Arab menamakan para pemimpin mereka dengan “ash shomad” karena menjadi tempat tujuan orang-orang yang
mempunyai keperluan dan (sifat) kepemimpinan terhimpun pada diri mereka.
Penjabaran Makna Nama Ash
Shomad
Imam Ath Thabari dalam
tafsirnya meriwayatkan keterangan sahabat yang mulia Abdullah ibn Abbas yang
berkata, “Ash Shomad adalah penguasa yang maha sempurna kekuasaanNya, maha
mulia yang sempurna kemuliaanNya, maha agung yang sempurna keagunganNya, maha
penyantun yang sempurna kesantunanNya, maha kaya yang sempurna kekayaanNya,
maha perkasa yang sempurna keperkasaanNya, maha mengetahui yang sempurna
pengetahuanNya dan maha bijaksana yang sempurna kebijaksanaanNya. Dialah yang
maha sempurna dalam semua bentuk kemuliaan dan kekuasaan. Dialah Allah yang
maha suci dan sifat-sifat ini hanyalah pantas (diperuntukkan) bagiNya.
Lebih lanjut Ibnul Qoyyim
memaparkan, “Ash Shomad adalah penguasa yang sempurna kekuasaannya. Oleh karena
itu, dulu orang Arab menamakan pemimpin mereka dengan nama ini, karena
banyaknya sifat terpuji (yang terkumpul) pada diri orang tersebut. Jadi ash
Shomad adalah dzat yang dituju (dijadikan sandaran) oleh hati manusia dalam
ketakutan dan pengharapan (mereka), karena banyaknya sifat baik dan terpuji
(yang terhimpun) padanya. Karenanya, mayoritas ulama salaf, diantaranya
Abdullah ibn Abbas berkata “Ash Shomad adalah penguasa yang maha sempurna
kekuasaannya”
Senada dengan itu, Syaikh
Muhammad Amin asy Syinqithi berkata, Allah ﷻ
Dialah penguasa tunggal, tempat menyandarkan segala kesulitan dan kebutuhan,
Dialah Yang Maha Suci dan Tinggi dari (menyerupai) sifat-sifat makhluk, seperti
makan, minum, dsb.
Keterangan diatas
menunjukkan bahwa Ash Shomad adalah termasuk nama Allah ﷻ yang menunjukkan makna beberapa sifat (kemuliaan) dan bukan
hanya satu sifat. Ini sekaligus menggambarkan betapa banyak sifat keagungan dan
kesempurnaan milik Allah ﷻ
Atas dasar itu, keterangan
para ulama salaf dalam mengartikan nama Allah ﷻ
yang agung ini berbeda-beda, sebagaimana yang disampaikan oleh Imam ath Thabari
dan Imam ibn Katsir. Dan semua makna yang dipaparkan adalah benar dan hanya
pantas diperuntukkan bagi Allah ﷻ.
Hal ini ditegaskan oleh
Imam Abul Qasim ath Thabrani dalam pernyataannya, “semua makna tersebut adalah
benar dan merupakan sifat-sifat Allah ﷻ”.
Imam al Baghawi berkata,
“Yang lebih tepat adalah mengartikan kata ash Shomad dengan semua makna
yang diterangkan (oleh para ulama), karena kata ini mencakup semua makna
tersebut. Maka, ini mengandung konsekuensi tidak ada (yang berhak disebut) ash
Shomad kecuali Allah Yang Maha Agung dan Kuasa atas segala sesuatu. Nama
ini khusus (diperuntukkan) bagiNya semata. Dialah yang memiliki nama-nama yang
Maha Indah dan sifat-sifat yang Maha Tinggi.
Pengaruh Positif Dan
Manfaat Mengimani Nama Ash Shomad
Jika seorang hamba mengetahui
bahwa Allah ﷻ memiliki semua sifat
mulia dan sempurna, Dia Maha Perkasa dan tidak ada sesuatupun yang bias
mengalahkanNya, Dialah tempat bersandar dan bergantung semua makhlukNya,
sehingga tidak ada cara untuk menyelamatkan diri dari kemurkaanNya kecuali
dengan kembali kepadaNya, dan Dialah satu-satunya yang dituju oleh semua
makhluk untuk memenuhi segala kebutuhan, permintaan dan pengharapan mereka,
maka ini akan menjadikan hamba tersebut selalu bersandar kepadaNya semata,
tidak meminta pemenuhan hajatnya kecuali kepadaNya, tidak beribadah kecuali
hanya kepadaNya, serta tidak meminta pertolongan dan berserah diri dalam segala
urusannya kecuali hanya kepadaNya. Allah ﷻ
berfirman :
Atau siapakah
yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa
kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia)
sebagai khalifah di bumi ? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat
sedikitlah kamu mengingati(Nya) {QS An Naml 62}
Bahkan ini merupakan inti
kandungan dari Al Qur’an yang suci, yang tertuang pada firman Allah ﷻ:
Hanya Engkaulah
yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan {QS Al
Fatihah 5}
Salah seorang ulama salaf
berkata:”Surat al Fatihah adalah rahasia (inti kandungan) al Qur’an dan rahasia
(inti kandungan) al Fatihah adalah ayat ini”
Penutup
Kami akhiri tulisan ini
dengan memohon kepada Allah ﷻ dengan nama-namaNya
yang Maha Indah dan sifat-sifatNya yang Maha Sempurna, agar senantiasa
menganugrahkan kepada kita petunjuk dan taufikNya dan memudahkan kita untuk
memahami dan mengamalkan kandungan dari sifat-sifat kesempurnaanNya
Sumber: Majalah As-Sunnah
Edisi 06/Th XIV/Dzulqo’dah 1431H/Oktober 2010
Pekanbaru, 27 Muharrom
1437H
Tidak ada komentar:
Posting Komentar